Selasa, 09 Oktober 2012

Penjelasan Beberapa Konferensi Selama Perang Dunia II

Penjelasan Konferensi-konferensi Selama Perang Dunia II
Beberapa konferensi yang diselenggarakan selama Perang Dunia II tentang
strategi pertempuran ataupun perdamaian dunia, antara lain sebagai berikut.
a. Konferensi Atlantik
Piagam Atlantik (Atlantic Charter) merupakan naskah pertama yang kemudian menjadi dasar bagi terbentuknya PBB. Pada tanggal 14 Agustus 1945, Perdana Menteri Winston Churchill (Perdana Menteri Inggris) dan Presiden F.D. Roosevelt (Presiden Amerika Serikat) mengadakan pertemuan di atas geladak kapal USS Augusta di Teluk New Foundland perairan Samudra Atlantik. Kedua kepala pemerintahan itu menandatangani Piagam Altantic atau Atlantic Charter. Piagam ini kemudian menjadi dasar bagi terwujudnya PBB.
Adapun isi pokok Piagam Atlantik sebagai berikut.
1. Tidak diperkenankan melakukan perluasan wilayah.
2. Setiap bangsa berhak menentukan bentuk dan corak pemerintahnya sendiri.
3.Semua negara diperkenankan ikut serta dalam perdagangan internasional.
4. Mengusahakan perdamaian dunia di mana setiap bangsa dapat hidup bebas dari ketakutan dan kekurangan.
5.Menolak jalan kekerasan dalam menyelesaikan perselisihan internasional.
b. Konferensi Casablanca
Konferensi Casablanca diselenggarakan pada bulan Januari 1943 antara Franklin Delano Roosevelt dan Winston Churcill. Konferensi itu membahas perencanaan penyerbuan tentara Sekutu ke Eropa guna mengalahkan tentara blok Sentral (Poros atau blok Jerman). Tujuan konferensi ini adalah untuk menentukan strategi kekuatan sekutu dan cara mengakhiri perang dan membahas pula rencana serangan sekutu Sisilia, Italia dan pengeboman AS ke negara-negara poros.
Konferensi Casablanca adalah merupakan salah satu konferensi tentang perang pertama antara negara-negara sekutu yang bertempat di Maroko. Konferensi ini berlangsung dari tanggal 14 Januari hingga 28 Januari 1943 di hotel Anfa di Casablanca, Maroko.
c. Konferensi Moskow
Konferensi Moskow diselenggarakan pada bulan Oktober 1943 yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Rusia (Vyacheslav Mikhailovich Molotov), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Cordel Hull), dan Menteri Luar Negeri Inggris (Anthony Eden). Konferensi itu membahas tentang rencana pembentukan organisasi internasional yang menjamin perdamaian.
Tanggal 30 Oktober 1943, di Moskow berhasil disepakati Deklarasi Moskow yang isinyaantara lain pentingnya membentuk organisasi internasional perdamaian dunia
d. Konferensi Yalta
Konferensi Yalta, kadangkala disebut Konferensi Krim dan memiliki nama sandi Konferensi Argonaut Conference, adalah sebuah konferensi masa Perang Dunia II yang diadakan antara tanggal 4 sampai 11 Februari 1945. Konferensi ini dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Britania Raya. Mereka diwakili oleh Franklin Delano Roosevelt, Winston Churchill, dan Josef Stalin.
Konferensi ini kadangkala disebut sebagai konferensi di mana “Sekutu Barat mengkhianati atau menjual Eropa kepada Uni Soviet”.
Konferensi berhasil mengambil keputusan, antara lain:
a. penyerahan Jerman tanpa syarat;
b. pembentukan organisasi internasional yang menjamin perdamaian dunia;
c. perencanaan penyelenggaraan konferensi di San Fransisco pada tanggal 25 April 1945.

0 komentar:

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009